Home » » Berak Darah Tanda Kanker Usus

Berak Darah Tanda Kanker Usus

Written By M Mustafa on Sabtu, 09 Februari 2013 | 20.19

Ragam Artikel : Berak Darah Tanda Kanker Usus - Kami mendapatkan sebuah referensi dari internet tentang adanya kemungkinan berak berdarah adalah tanda adanya kanker usus, yaitu dari situs http://www.jambi-independent.co.id yang mana artikel tersebut ditulis oleh Siti Masnidar pada tanggal 20 April 2010. Disana dijelaskan dengan jelas mengenai hal ini. Berikut kami kutipkan isi artikel dari situs tersebut.

Jangan anggap remeh jika Anda sering mengalami sulit Buang Air Besar (BAB). Apalagi, jika feses (tinja) yang keluar disertai darah. Sementara, Anda sudah beberapa kali melakukan pengobatan ke dokter. Karena bisa jadi ini bukan gejala ambeien biasa. Tapi merupakan gejala kanker usus. Bagaimana ini bisa terjadi?
Selama ini tak sedikit orang yang menganggap biasa jika BAB tidak lancar. Tapi kondisi ini tidak bisa dibiarkan terus-menerus.Menurut Dokter Spesialis Bedah Riswan Joni, sekitar 15 persen dari angka kasus baru kanker adalah kanker kolon (usus besar). Risiko tertinggi kanker jenis ini, kata dia, ada pada kelompok usia 40 tahun ke atas. Namun, tak tertutup kemungkinan menyerang yang lebih muda.

Biasanya gejala yang timbul berupa berbagai gangguan pencernaan, seperti buang air besar berdarah, susah buang angin, atau anemia (kurang darah).

Biasanya, jika ini terjadi dokter akan mengevaluasi, apakah darah itu menetes sesudah feses keluar atau bercampur dengan kotoran. Kemudian dicek kembali, apakah selain darah, ada lendir yang menyertainya. "Kecurigaan kanker usus besar adalah saat dokter mendeteksi adanya darah yang menetes sesudah kotoran keluar dan terdapat lendir," ujarnya saat ditemui di Rumah sakit Mayang Medical Center (MMC), baru-baru ini.
Lebih lanjut, Riswan memaparkan, jika usus besar sebelah kanan yang terserang kanker, tidak ada perdarahan yang nyata. Sifat darahnya samar, sehingga pasien mendadak kurang darah atau dalam kondisi anemia. Jika yang terkena kanker usus besar sebelah kiri, umumnya penderita akan mengeluarkan darah dan lendir. “Tapi bukan berarti BAB berdarah adalah kanker. Bisa ambien biasa. Tapi, jika terus-terusan meski sudah ada pengobatan ini perlu dicurigai,” katanya.

Menurut dr Riswan, pada kasus stadium lanjut ini juga dapat menyebabkan anoreksia. "Gangguan kronis di saluran pencernaan membuat penderita menjadi tidak nafsu makan."

Ia mengatakan, gejala kanker kolon ditandai adanya perubahan dalam pola BAB atau defekasi, seperti adanya rasa nyeri di perut bagian bawah yang tak kunjung sembuh, dan ambeien yang terjadi terus-menerus. "Ambeien bisa menjadi gejala awal seseorang menderita kanker kolon," ujarnya.

Selain itu, gangguan pada usus besar bisa dilihat lewat bentuk kotorannya. Mengenai penyebabnya, Riswan mengatakan belum diketahui pasti. Namun dari penelitian para ahli, ada beberapa faktor risiko yang bisa menyebabkan terjadinya kanker usus ini.

Dari hasil sejumlah penelitian, menemukan peran enzim cyclooxygenase-2 atas munculnya kanker usus besar--menurut Riswan, juga termasuk salah satu faktor itu. "Cikal bakal sel kanker pada usus besar yang ditemukan masih difaktori genetik dan paparan makanan yang melewati usus besar."

Faktor lainnya, kanker muncul karena paparan bahan-bahan karsinogen yang terjadi akibat gangguan metabolisme tubuh, seperti yang ditemukan pada obesitas. Dari semua jenis kanker, kanker usus besar paling dipengaruhi oleh makanan yang bersifat karsinogenik.

Selain itu, menurut dia, pola makan yang kaya kolesterol, tinggi lemak, miskin serat, rendah kalsium, kurang konsumsi buah-buahan, serta kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol turut menyumbangkan risiko untuk terkena kanker ini.

Sekian informasi tentang Berak Darah Tanda Kanker Usus kali ini.
Share this article :

2 komentar:

  1. Selamat Malam,sy Octavia berumur 21Th dan baru saja melakukan Operasi Sesar pd tgl 16 Juli 2013 lalu.. Stelah melakukan operasi sy merasa sulit skali untuk BAB..tetapi stelah sy bisa BAB hingga sekarang kerap skali berak disertai darah dan anus sy terasa perih saat mengeluarkan kotoran ini..
    Mohon bntuan ny.. Trimakasih,

    BalasHapus
  2. selamat pagi, saya pratiwi dyah palupi
    sudah selama 1 tahun ini saya terkadang bab berdarah dan darah yg keluar adalah darah segar
    ini terjadi jika saya makan makanan sedikit pedas
    umur saya baru 19 tahun
    rasa sakit ini cuma muncul seperti sakit perut biasa tapi berujung sembuh

    BalasHapus


recommend us on google!
 
Support : About Us | Contact Us | Tukar Link | Pasang Iklan | Privacy Policy | T O S | SiteMap
Copyright © 2013. Ragam Artikel - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger